Tingkatkan Publikasi Internasional, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Gandeng Universitas Muhammadiyah Kendari

Ternate – Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) menggelar serangkaian acara untuk memperkuat kemitraan strategisnya dengan menggandeng Universitas Muhammadiya Kendari.

Hal itu dilakukan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMMU dan Universitas Muhammadiyah Kendari yang dilaksanakan di Gedung Rektorat UMMU Lantai III. Selasa (5/12).

Acara juga dilanjutkan dengan membuat Memorandum of Agreement (MoA) yang diteken bersama Lembaga Riset, Pengabdian, Publikasi dan Haki (LRP2H).

Rektor UMMU Prof. Dr. Saiful Deni, mengatakan bahwa alasan kerja sama ini adalah untuk memberikan dorongan positif bagi kedua institusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

“Kami sangat bersemangat untuk menjalin kemitraan ini, yang akan membuka pintu untuk kolaborasi lebih lanjut di berbagai bidang,” ungkap Saiful.

Selanjutnya, dalam rangkaian acara yang sama Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nurdin, M.Sc., IPU., ASEAN Eng, diundang sebagai pembicara dalam kuliah tamu yang mengangkat tema “Menembus Publikasi Internasional Bereputasi Tinggi.”

Dalam paparannga Muhammad Nurdin berbagi cerita tentang pengalaman dan strategi untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah agar dapat diakui secara internasional.

Kuliah tamu yang di pandu langsung oleh Dr. Abdurrahman Kader, M.Si ini menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa dan dosen, serta peneliti di UMMU untuk mengembangkan wawasan tentang standar internasional dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah. Acara ini pun diharapkan dapat memacu semangat riset dan inovasi di lingkungan kampus.

Selain itu giat kali ini juga menjadi momentum penting bagi LRP2H untuk menandatangani MoA dengan UMMU dalam membangun komitmen bersama guna mendukung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif. MoA ini diharapkan dapat memberikan landasan yang kuat untuk kolaborasi berkelanjutan di bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan adanya kemitraan ini diharapkan dapat mengukuhkan posisi UMMU sebagai pusat pendidikan dan riset unggulan di tingkat nasional, sambil terus berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Reporter: Yus