Tentang Kami

SENTRA semula adalah sebuah komunitas diskusi politik dan kebudayaan di Tidore. Sebuah komunitas yang rutin melakukan kajian akan fenomena-fenomena yang berkembang di Masyarakat. Komunitas yang berusaha menyikapi persoalan publik dari kerangka yang teoritis hingga praktis.

Dari berbagai pergumulan pemikiran tersebut, SENTRA akhirnya berkembang menjadi sebuah Portal Berita. Sebuah instrumen informasi yang selalu berusaha menyajikan data dan fakta kedalam cerita, melalui berita. Pilihan menjadi media informasi merupakan kesimpulan dari berbagai spektrum kajian para pendiri SENTRA.

Sebagai media publik, SENTRA tentu menyajikan semua jenis informasi yang dinilai bermanfaat bagi publik, baik informasi budaya, hukum, sosial, ekonomi maupun lingkungan. Namun SENTRA juga secara khusus menyoroti sektor ekonomi sebagai fokus peliputan. Ekonomi dinilai sebagai konvergenitas dari seluruh aktivitas kehidupan. Pengembangan budaya, hukum, Sosial dan Politik pada akhirnya akan beraglomerasi dalam aktivitas ekonomi, dimana lingkungan adalah wadah yang menampung segala aktivitas tersebut.

Pemikiran inilah yang menjadi dasar pertimbangan mengapa SENTRA fokus menyediakan informasi ekonomi untuk publik Maluku Utara.

Kelahiran SENTRA sebagai media merupakan sebuah upaya redefinisi terminologi ekonomi sebagai suatu aktivitas yang memberi manfaat bagi lingkungan, berbeda dengan pengertian ekonomi yang selama ini dipahami. Pengertian ekonomi sebagai suatu aktivitas pemenuhan kebutuhan manusia terasa amat antroposentris sehingga pasti mengancam kehidupan ekologi.

Upaya redefinisi ini akan pembaca temui dalam setiap pemberitaan di laman website SENTRA (Sentranews.id). Pemberitaan SENTRA akan memuat ragam aktivitas penduduk dalam mengelola dan mengembangkan potensi sumber daya alam di sekitarnya dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam melakukan tugas jurnalisme, SENTRA siap bekerja sama dengan semua pihak, demi ketersediaan informasi yang objektif, berimbang dan bertumpu pada data dan fakta. Semua pihak dapat menjalin kerjasama secara pro-aktif dengan SENTRA selama sesuai dengan tujuan berdirinya SENTRA, yaitu media informasi yang berupaya mendorong kehidupan menjadi lebih humanis dan ekologis.

Tidore, 24 Maret 2021
Pemimpin Redaksi

MUHAMMAD WILDAN