Penutupan Hari Nusantara 2023, Sejumlah Atraksi Ditampilkan

Tidore – Puncak Hari Nusantara Tahun 2023 bertambah meriah dengan adanya sederet atraksi yang ditampilkan.

Adapun atraksi tersebut diantaranya; Demonstrasi Sea Cast, parade Sailing Pass 9 Kapal Perang Republik Indonesia antaranya 1 Helikopter AS565 Panther TNI AL, Kapal Basarnas, KP Polairud, KN Bakamla, KN Gandiwa 118, dan masih banyak lagi. Atraksi tersebut dipusatkan di Pelataran Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Rabu (13/12)

Atraksi diawali dengan hadirnya KRI Kapak dengan Nomor Lambung 625 yang merupakan kapal buatan anak bangsa. Dalam atraksi tersebut KRI Kapak  melakukan Dropping Perenang Tempur Prajurit Kopaska Koarmada III dengan metode Sea Cast.

Atraksi kemudian dilanjutkan Free Fall oleh 34 penerjun terlatih dari korps gabungan TNI AL, AU dan AD, penerjun pertama dalam atraksi ini adalah Serda Wafi Satkopaska II, aksi tersebut sontak membuat semua mata terpanah.

Dropping penerjun dilakukan pada ketinggian 7000 Feet di atas permukaan laut (DPL). Para penerjun kemudian mendarat di area pendaratan yang telah ditentukan, yaitu area depan tribun utama, area dermaga dan pontoon merah yang berada tepat di depan dermaga. Setiap titik pendaratan tersebut mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda sehingga menjadi tantangan yang harus diatasi oleh para penerjun dalam melakukan pendaratan.

Selain itu, atraksi juga melibatkan 100 kapal nelayan yang mengambil start dari Pelabuhan Trikora Tidore, kapal-kapal tersebut kemudian melintasi pantai Tugulufa. Nelayan yang ikut dalam pertunjukan ini adalah nelayan yang berasal dari Pulau Tidore dan sekitarnya. Kapal-kapal tersebut melintas beriringan dengan kapal perang RI. Hal ini menggambarkan bahwa para nelayan senantiasa diberikan rasa aman dalam  aktivitas melaut.

Nelayan merupakan faktor penting dalam mempertahankan kedaulatan bangsa, untuk itu perlu ditingkatkan cara pandangnya, agar tidak terbatas hanya mencari, namun harus melibatkan diri menjadi salah satu bagian penting dalam membentuk pilar-pilar pertahanan negara.

Berdasarkan pantauan Sentranews.id atraksi Penutupan Hari Nusantara tersebut berjalan lancar.

Reporter : MRS