Tingkatkan Pemberdayaan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus, UMMU Jalin Kerjasama dengan KOMNAS Disabilitas RI

Ternate – Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) melakukan penandatanganan MoU dengan Komisi Nasional Disabilitas RI serta Sarasehan Komisi Nasional Disabilitas (KND) di Gedung Rektorat UMMU Ternate, Senin (18/12).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UMMU Prof. Dr. Saiful Deni, M.Si beserta jajaran diantaranya; Wakil-Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Biro, Dekan dan Kaprodi di lingkungan UMMU.

Dr. Dante Rigmalia, M.Pd dari Komisi Nasional Disabilitas RI dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kerjasama antara lembaga pendidikan tinggi dengan pihak terkait untuk meningkatkan pemberdayaan mahasiswa berkebutuhan khusus.

MoU antara UMMU dengaan Komisi Nasional Disabilitas RI

Hadir juga dalam giat tersebut sejumlah pimpinan perguruan tinggi  di Kota Ternate, antara lain; Rektor IAN, perwakilan ISDIK Kie Raha, Unkhair, Poltekes juga dari pihak Pemerintah Kota Ternate.

Proses penandatanganan MoU ini menjadi langkah awal dalam mempererat kolaborasi antara UMMU dan Komisi Nasional Disabilitas RI. Kerjasama ini tidak hanya mendukung pemberdayaan mahasiswa berkebutuhan khusus, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap akreditasi program studi maupun lembaga.

Rektor UMMU, dalam sambutannya menegaskan bahwa kolaborasi ini sesuai dengan standar mutu UMMU yang tercantum dalam Dokumen Kebijakan Kurikulum.

Menururnya, UMMU berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan mahasiswa, sejalan dengan prinsip inklusif dan berkelanjutan.

“Kerjasama ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi mahasiswa. Tetapi juga, mendukung pencapaian standar mutu dan akreditasi yang diinginkan oleh UMMU,” pungkas Rektor.

Reporter : Yus