Tim PKM Unkhair  Gelar Sosialisasi dan Penerapan Sistem Informasi Kependudukan di Kelurahan Jati Ternate

0
84

Ternate,- Tim PKM Program Studi Informatika Fakultas Teknik Unkhair menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di kantor Kelurahan Jati Kota Ternate.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna membantu meningkatkan pelayananan kependudukan di kantor kelurahan. Mengingat pengolahan data penduduk merupakan salah satu tugas utama pemerintah kelurahan, yang harus dilakukan secara cepat, tepat dan akurat.

Demikian disampaikan Ketua Tim PKM Hairil Kurniadi Siradjuddin, S.Kom.,M.Kom saat dihubungi Sentra. Menurutnya, saat ini masih banyak lembaga pemerintahan yang melakukan pengolahan data kependudukan secara manual.

Seperti pada Kantor kelurahan Jati Kota Ternate saat ini yang masih menggunakan pengolahan atau pelayanan administrasi kependudukan secara manual. Para petugas kelurahan masih mengandalkan penyimpanan dan pengelolaan data kependudukan melalui laporan, sehingga seringkali terjadi masalah.

Ketua Tim PKM Hairil Kurniadi menyerahkan paket aplikasi Sistem Informasi Kependudukan kepada Kepala Kelurahan Jati

Pencarian data kependudukan masih dilakukan secara manual satu per-satu, bahkan ada data penduduk yang telah hilang atau rusak. Hal ini tentu menyebabkan keterlambatan pelayanan terhadap masyarakat dan kurang akuratnya pembuatan dan pengiriman laporan  kepada pihak kecamatan.

“Kantor Kelurahan Jati sebagai lokasi sosialisasi, belum memiliki sumber daya manusia yang terampil dan mumpuni dalam membuat dan menerapkan Sistem Informasi Kependudukan. Tentu dibutuhkan SDM yang terampil dalam membangun Sistem Informasi kependudukan dan juga memberikan pelatihan kepada para pegawai,” ungkap Hairil, Selasa (1/10).

Ia menjelaskan, permasalahan inilah yang mendorong pihaknya melakukan kegiatan PKM tersebut, dengan melakukan sosialisasi dan pembuatan Sistem Informasi hingga implementasi sistem di kantor Kelurahan Jati. Ia berharap, kedepan kegiatan serupa dapat dilaksanakan juga di kelurahan yang lain di lingkup Pemerintah Kota Ternate maupun Maluku Utara.

Selain Hairil, tim PKM yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain; Dosen Prodi Informatika FT-Unkhair Rosihan,S.T.,M.Cs dan Abdul Mubarak, S.Kom.,M.T. juga  dari unsur Mahasiswa yaitu Iksan Saifudin, yang ikut mendampingi dalam penggunaan sistem.

Reporter : Yus
Editor : Redaksi