Sultan dan Wakil Walikota Tidore Dijadwalkan Hadir pada Acara Puncak Pesona Budaya Jiko Akelamo 2024

Tidore – Acara puncak Pesona Budaya Jiko Akelamo 2024 dijadwalkan akan digelar pada Rabu 10 Januari 2024 di Lapangan Mini Kelurahan Akelamo.

Sejumlah petinggi dijadwalkan hadir dalam agenda tersebut, di antaranya; Sultan Tidore H. Husain Alting Sjah dan Wakil Walikota Muhammad Sinen.

Kegiatan puncak perayaan HUT ke-16 Kelurahan Akelamo tersebut rencananya akan memuat Napak Tilas Akelamo sebagai Titik Pergerakan Revolusi Tidore 1797.

Ketua Panitia Pesona Budaya Jiko Akelamo 2024, Risno Muda SS.

Ketua Panitia Kegiatan, Risno Musa SS, saat ditemui Sentranews.id menyampaikan bahwa Napak Tilas Akelamo sebagai Titik Pergerakan Revolusi Tidore 1797, sengaja diangkat sebagai tema utama kegiatan untuk menumbuhkan spirit Sultan Nuku dalam hati dan jiwa generasi muda Tidore, khususnya generasi muda Akelamo.

Menurut Risno, Akelamo memiliki peran yang sangat vital bagi keberhasilan perjuangan puluhan tahun Sultan Nuku dalam merebut kembali Kesultanan Tidore yang saat itu di bawah subordinat Kerajaan Belanda.

“Akelamo memiliki peran sejarah dalam Revolusi Tidore 1797, pasukan Sultan Nuku saat itu, menjadikan Akelamo sebagai titik kumpul konsolidasi pasukan pada 10 April 1797, sebelum bergerak dan merebut Tidore pada 12 April 1797,” ungkap Risno. Minggu (7/1)

“Kegiatan ini kami harapkan akan menjadi event tahunan utama di Kecamatan Oba Tengah dan menjadi ajang pemersatu masyarakat Oba,” tutup Risno.

Selain napak tilas, berbagai kesenian tradisional Tidore juga rencananya akan ditampilkan pada gelaran acara puncak tersebut.

Reporter: Wil