Respon Pernyataan Kapolda, Hipmi Ternate Sambangi Polda Malut Bahas Program Wirausaha Muda

0
308

Ternate,- BPC Hipmi Kota Ternate temui Kapolda Malut guna membahas Program Wirausaha Muda. Pertemuan tersebut merupakan respon atas pernyataan Kapolda beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko, S.IK dalam pernyataan yang dirilis oleh sejumlah media menyampaikan bahwa pihaknya akan mendorong program wirausaha muda (young enterpreneur) di Maluku Utara. Pernyataan tersebut kemudian direspon cepat oleh BPC Hipmi Kota Ternate.

Hal ini disampaikan Ketua Hipmi Ternate, Fitrah Akbar Muhammad, S.E.,M.Ak. Ia menjelaskan bahwa pernyataan Kapolda tersebut harus direspon secara positif dan pro-aktif oleh pihaknya.

Kapolda Malut bersama Ketua Hipmi Kota Ternate

“Kami sangat mengapresiasi program Kapolda Malut terkait dengan penciptaan wirausahawan muda, silaturahmi kami kali ini sebagai bentuk langkah pro-aktif untuk berkolaborasi dalam mewujudkan program tersebut. Tentunya akan ada sinergitas antara program Kapolda Malut dengan program saya di Hipmi Ternate yaitu pembinaan dan pemberdayaan anak muda Ternate di bidang wirausaha,” jelas Fitrah. Jum’at (28/10).

“Kalau pemerintah bicara wirausaha dan UMKM, itu sudah biasa, kalau perbankan bicara UMKM juga sudah biasa. Namun  kalau Instansi Polri dalam hal ini Polda Malut bicara wirausaha dan UMKM, ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan kita sebagai masyarakat terutama anak-anak muda yang berwirausaha harus berpartisipasi secara aktif,” lanjutnya.

“Kita butuh pemimpin-pemimpin instansi vertikal yang visioner dan peduli, sebagaimana yang diperlihatkan oleh Polda Malut, sudah saatnya dan sudah sepatutnya anak muda berpartisipasi dalam pembangunan daerah serta Kamtibmas melalui wirausaha,” pungkas Fitrah.

Dalam pertemuan 4 jam tersebut, Kapolda menyampaikan apresiasinya kepada Hipmi Ternate yang siap berkolaborasi dalam menyukseskan program young enterpreneur.

Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko dan jajaran bersama pengurus BPC Hipmi Kota Ternate usai pembahasan program Wirausaha Muda

“Saya hari ini menerima rekan-rekan Hipmi Kota Ternate, ternyata pengurusnya masih muda-muda, merupakan sebuah keberkahan anak muda sudah berwirausaha. Dalam pertemuan tadi kami membicarakan berbagai hal terkait dengan pelatihan, pembinaan dan pemberdayaan anak muda untuk menjadi wirausaha,” ujar Kapolda.

“Ada beberapa peluang dan potensi yang sangat bisa dimanfaatkan di Maluku Utara diantaranya soal ekspor. Saya berharap anak muda ternate dan maluku utara kedepan bisa melakukan bisnis ekspor, nanti pelatihan dan pendampingannya kami hadirkan di Maluku Utara berkolaborasi dengan Hipmi Ternate. Awalnya kami akan fokus pada pembangunan karakter terlebih dahulu selanjutnya baru hal-hal teknis lainnya,” lanjutnya

“Terdapat beberapa potensi dan peluang seperti mewujudkan ketahan pangan daerah dalam hal peternakan dan pertanian. Kami tadi membahas dengan Hipmi Ternate soal bagaimana bisa melahirkan pakan Ternak melalui budidaya Maggot. Apabila nanti akan dibuat peternakan ayam, selain itu potensi batik yang belum terkelola dengan baik, kedepan kita kan hadirkan para ahli yang sudah berhasil di bidangnya untuk memberikan pelatihan di daerah dan pendampingannya akan dilakukan oleh rekan-rekan dari Hipmi Ternate,” jelasnya.

Kehadiran Hipmi ternate diharapkan dapat merealisasikan kolaborasi antara Polda dengan Hipmi, agar kedepan anak muda Maluku Utara dapat memiliki kemapanan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum di daerah.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda Irjen Pol Midi Siswoko hadir didampingi oleh Wakapolda Brigjen Pol Drs. Eko Para Setyo Siswanto, M.Si, Dir. Intelkam Kombes Pol Hadi Wiyono, Dir Binmas Kombes Pol Dicky Aryanto dan Kabid Humas Kombes Pol Michael Irwan Thmasil. Sementara dari BPC Hipmi Ternate hadir sejumlah pengurus diantaranya; Ketua BPC Hipmi Ternate Fitrah Akbar Muhammad, S.E., M.Ak bersama Sekertaris Ardianto Bian, Kabid Perhubungan dan BUMN Danar Afriyanto dan Ketua Hipmi Perguruan Tinggi Kota Ternate Sri Rahayu de Gorie.

Reporter : Yus
Editor : Redaksi