Perketat Pengawasan Sortir dan Lipat Surat Suara di KPU, Bawaslu Tidore Bentuk 4 Tim

Tidore – Bawaslu Kota Tidore Kepulauan membentuk sebanyak 4 tim, untuk perketat pengawasan pada giat sortir dan lipat Surat Suara (SS) Pemilu 2024 yang berlangsung di Kantor KPU Kota Tidore Kepulauan.

“Untuk memperketat pengawasan sortir dan lipat SS, kami membentuk 4 (empat) tim yang nantinya akan melakukan pengawasan secara melekat setiap harinya sampai giat ini selesai,” kata Ketua Bawaslu Kota Tidore Amru Arfa saat ditemui Sentranews, Sabtu (6/1).

Kata dia, hal tersebut merupakan komitmen Bawaslu untuk memantau serta mengawasi secara ketat proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh petugas yang telah dipilih oleh KPU.

Ia berharap dengan pengawasan melekat yang dilakukan, proses sortir dan lipat surat suara ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tata cara dan Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku sehingga berjalan lancar tanpa adanya kendala yang dapat menghambat proses tahapan selanjutnya.

“Secara teknis, Bawaslu hanya mengawasi dan memastikan proses sortir dan pelipatan SS berjalan dengan baik tanpa ada kecurangan dari oknum,” pungkas Amru.

Sekadar diketahui, proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di KPU Tidore telah berjalan sejak 4 Januari 2024, dan diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa minggu kedepan.

Reporter: MRS