Orasi di Aksi Bela Palestina, Sultan Tidore Sebut Orang Maluku Kie Raha adalah Keturunan Para Mujahid

Ternate – Puluhan ribu warga Maluku Utara memadati kawasan Kantor Walikota Ternate dalam Aksi Bela Palestina yang digelar Aliansi Rakyat Maluku Utara. Minggu (3/12).

Berdasarkan pantauan Sentranews.id warga Maluku Utara yang hadir pada aksi kali ini, selain berasal dari Kota Ternate juga datang dari berbagai wilayah di Maluku Utara.

Dalam aksi yang diikuti oleh kurang lebih 150 organisasi dan komunitas se-Maluku Utara tersebut, hadir sebagai salah satu orator adalah Sultan Tidore H. Husain Alting Sjah.

Dalam orasinya, Sultan Tidore menyampaikan bahwa rakyat Maluku Kie Raha sudah pernah berjuang melawan penjajah beratus-ratus tahun. Sultan Husain, dalam orasi tersebut juga menceritakan kisah perjuangan Sultan Nuku dan Sultan Babullah melawan penjajahan.

“Putra-putra Maluku Kie Raha adalah putra putra mujahid, andaikata Palestina dan Gaza ada di depan mata, saya akan pertaruhkan semuanya, demi Allah demi Rasulullah,” pekik Sultan diiringi gema takbir para peserta aksi.

Selain Sultan Tidore, Aksi Bela Palestina 3 Desember sendiri tampak dihadiri oleh sejumlah tokoh, di antaranya aktivis kemanusiaan Palestina asal Maluku Utara Bang Onim serta keluarganya, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Wakil Gubernur Maluku Utara Al Yasin Ali, Walikota Ternate M. Tauhid Soleman dan Wali Kolano Kesultanan Ternate Boki Nita Budhi Susanti.

Pada aksi kali ini, panitia aksi, dari Aliansi Rakyat Maluku Utara, juga melakukan penggalangan dana yang dilaporkan menembus angka 1 Milyar rupiah dan rencananya akan segera disalurkan kepada rakyat Palestina.

Reporter: Yus