Makna Huruf “e” Logo cermat.co.id

Ternate – Logo, sebagai representasi visual suatu entitas, memiliki peran krusial dalam membentuk identitas dan membangun citra. Meskipun seringkali dianggap hanya sebagai gambar atau huruf-huruf tertentu yang diatur dengan estetika tertentu, logo sejatinya membawa makna mendalam yang dapat mempengaruhi persepsi dan kesan. Begitu juga logo sebuah brand seperti media cermat.co.id, tidak b dianggap tidak penting. Makna sebuah barand akan dengan mudah diingat oleh siapa saja, juga ada pesan -makna- filosofi.

Biasanya, sebuah logo dalam satu tulisan, akan mengarah pada satu huruf depan. Namun, tidak pada cermat. Mereka memakai huruf e sebagai simbol dari logo mereka.

Awalnya, jika dilihat sepintas, kita mengira, huruf “e” hanya sekadar “pemanis” dalam logo cermat. Namun ketika dilihat saksama, ada semacam bentuk kaca pembesar yang digabung dalam huruf e. Mungkin, publik juga akan merasa demikian, sambil bertanya-tanya.

Rasa penasaran itu baru terjawab pada usia ke-5 cermat (19 Desember 2018-19 Desember2023), melalui pesan singkat di awal tahun 2024, yang mengirim logo cermat juga penjelasannya sebagai berkut: “Sekilas makna logo cermat pada huruf “e” adalah Edukasi, Eksplorasi, juga logo pertama internet berbentuk huruf e.

Sekilas. Logo cermat, menggabungkan huruf e dengan kaca pembesar. Mengkombinasikan keduanya dan jadilah seperti ini, menunjukan bentuk kaca pembesar atau lebih tepatnya berarti search/ mencari.

Sementara soal warna, pink maupun hijau muda, kita sengaja agar tidak ada warna yang didominasi oleh partai politik”.

Logo: Kombinasi Kaca Pembesar dan Huruf “e”

Salah satu aspek menarik dari cermat.co.id adalah logo uniknya. Dengan fokus pada huruf “e,” logo ini menggambarkan keterlibatan Media Cermat dalam menyoroti setiap detail dan menyajikan informasi dengan ketelitian. Kombinasi antara huruf “e” dan kaca pembesar memberikan kesan bahwa Media Cermat adalah alat yang memperluas wawasan dan memperjelas pandangan, seolah-olah membawa pembaca untuk melihat Maluku Utara dengan detail yang lebih tajam.

Logo cermat.co.id

Makna Simbolik: Kaca Pembesar

Kaca pembesar dalam logo Media Cermat dapat diartikan sebagai simbol keterbukaan dan kedalaman pandangan. Media ini tidak hanya melaporkan fakta, tetapi juga memperbesar makna di balik setiap peristiwa. Keterlibatan kaca pembesar mencerminkan keinginan untuk menggali ke dalam esensi setiap berita, sejauh mungkin, untuk memberikan perspektif yang lebih luas kepada pembaca.

Makna Simbolik: Huruf “e”

Huruf “e” yang mendominasi logo menggambarkan esensi dari kata “cermat.” Sebagai penanda fokus pada cerita-cerita yang mendalam dan informatif, huruf “e” memberikan identitas kuat untuk media ini. Selain itu, bentuknya yang sederhana namun tegas mencerminkan profesionalisme dan konsistensi dalam penyampaian informasi.

Konsistensi dalam Kanal dan Konten

Meskipun cermat.co.id menggunakan pendekatan yang umumnya diterapkan oleh media mainstream, kekhasan terletak pada konsistensi pemilihan kanal. Dengan hanya enam kanal, cermat.co.id menghindari kebingungan dan memastikan bahwa setiap kategori berita memiliki peran penting dalam membentuk Cerita Maluku Utara.

Kesimpulan: Membongkar Kecil Lewat Logo Media Cermat

Melalui logo yang cermat dan pilihan kanal yang konsisten, Media Cermat mampu menggambarkan komitmennya dalam memberikan informasi yang berkualitas tentang Maluku Utara. Logo dengan huruf “e” dan kaca pembesar menjadi representasi simbolik dari kedalaman pandangan dan kecermatan dalam setiap beritanya. Dengan demikian, Media Cermat bukan hanya sekadar penyedia berita, tetapi juga penunjuk arah yang membimbing pembaca melihat Maluku Utara melalui lensa cerita yang tajam dan mendalam.

Sebuah logo bukan hanya sekadar gambar atau huruf-huruf yang disusun dengan indah. Di balik setiap garis dan warna, terdapat cerita, nilai, dan identitas yang memberikan makna mendalam. Oleh karena itu, ketika kita melihat sebuah logo, sebaiknya kita tidak hanya melihatnya secara fisik, tetapi juga membuka pikiran untuk merenung tentang pesan dan makna yang ingin disampaikan oleh entitas tersebut melalui simbol visual yang mereka pilih. Dengan begitu, setiap elemen logo menjadi potongan kecil dari kisah besar yang ingin diceritakan.

Sejarah Singkat cermat.co.id

Cermat merupakan singkatan dari Cerita Maluku Utara. Selaras dengan singkatannya, nama tersebut menegaskan untuk terus belajar dengan teliti, melihat, menulis, dan ceritakan dengan cermat tentang Maluku Utara.

Faris Babero merupakan orang di balik berdirinya cermat dan juga sempat menjabat sebagai pemimpin redaksi salah satu media online di Ternate. Selain pengalamannya sebagai wartawan di situs berita lingkungan, Faris juga aktif mendirikan media komunitas Jalamalut yang fokus dalam mengembangkan konten jelajah.

“Mendengar suara pelosok, Menenun Makna.” Ceritakan apa yang tidak terkabarkan tentang sketsa kehidupan masyarakat pulau-pulau kecil di Maluku Utara,” Faris Babero.

Reporter : Mw