Karnaval Pesona Budaya Jiko Akelamo 2024 Dibuka Staf Ahli Walikota Tidore

Tidore – Karnaval Budaya menjadi agenda hari ke-3 Gelaran Pesona Budaya Jiko Akelamo 2024. Karnaval kali ini diikuti oleh sejumlah kontingen dari instansi maupun komunitas di Akelamo dan sekitarnya. Senin (8/01).

Hadir membacakan sambutan Wakil Walikota Tidore melepas kontingen karnaval, Staf Ahli Walikota Marjan Djumati, dalam sambutannya Marjan menyampaikan apresiasi pemerintah Kota Tidore Kepulauan atas terlaksananya Pesona Budaya Jiko Akelamo 2024.

“Kegiatan ini patut diapresiasi karena merupakan upaya pemerintah dan warga Kelurahan Akelamo dalam mempromosikan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Tidore,” ujar Marjan.

Staf Ahli Walikota Tidore, Marjan Djumati

“Mari kita semarakkan hari jadi Kelurahan Akelamo dengan gembira dan penuh dengan rasa persatuan,” ajak Marjan.

Marjan juga menambahkan, bahwa selain sebagai titik pergerakan perjuangan Sultan Nuku, akelamo juga berperan dalam perjuangan pembebasan Irian Barat.

“Akelamo juga punya peran dalam perjungan Irian Barat, setelah ini mari kita berembuk dan mengkaji sejarah ini bersama agar ke depan acara Pesona Budaya Jiko Akelamo ini masuk menjadi bagian dari agenda tahunan pemerintah bahkan agenda nasional,” pungkas Marjan.

Peserta Karnaval Pesona Budaya Jiko Akelamo

Karnaval budaya sendiri diikuti oleh puluhan kontingen dari kelurahan Akelamo maupun dari luar akelamo dengan menampilkan pakaian adat dari ragam suku yang mendiami Akelamo dan sekitarnya.

Selain Staf Ahli Walikota, Hadir juga dalam karnaval senin sore antara lain; Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Rahmawati Muhammad Sinen, Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan Husen Muhammad, Camat Oba Tengah Junaidi Fabanyo, Gimalaha Soleman Nuhu bersama Bobato Adat Nyili Seba-seba Kesultanan Tidore dan para kepala sekolah di wilayah Kecamatan Oba Tengah.

Reporter: Wil