Sambut Puasa, Warga Topo Gelar Kampung Ramadhan

Tidore,- Ramadhan sudah di depan mata, umat islam mulai bersiap menyambut dengan suka cita. Demikian juga warga Kelurahan Topo, Kota Tidore Kepulauan.

Puasa tahun ini bagi masyarakat Topo lebih terasa istimewa. Pasalnya, pemerintah kelurahan dan tim penggerak PKK kini tengah bersiap menyelenggarakan kegiatan Kampung Ramadhan. Sejumlah komunitas bersama warga pun bahu membahu mempersiapkan kegiatan tersebut.

Anak-anak Topo ikut mempersiapkan Kampung Ramadhan

Mengusung tema “Merawat Tradisi Berdayakan Umat”, gelaran Kampung Ramadhan tahun ini rencananya akan diisi dengan sejumlah acara, mulai dengan launching Kampung Ramadhan, Pasar Ramadhan, Buka Bersama, Tadarus Bersama hingga Pawai Obor dan Itikaf Bersama.

Dihubungi Sentra, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Topo, Ibu Nurjanah Sabtu menyampaikan bahwa Kegiatan Kampung Ramadhan Kelurahan Topo Tahun 2022 selain untuk meramaikan suasana bulan suci, juga untuk meningkatkan perekonomian. Ia menuturkan, saat ini sejumlah persiapan telah dilaksanakan, diantaranya pembersihan kampung, pemasangan ornamen-ornamen kegiatan hingga mempersiapkan lokasi Pasar Ramadhan di sekitar Mesjid Al-Awwaliyah Kelurahan Topo.

“Tujuan dilaksanakannya Kampung Ramadhan kali ini  selain untuk menyemarakkan bulan suci juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Pasar Ramadhan,” ungkap Nurjanah. Jum’at (1/4).

Sebagian anak-anak mngumpulkan botol plastik bekas untuk hiasan

Ia melanjutkan, warga Topo kini sedang bergotong-royong menyukseskan kegiatan tersebut melalui perannya masing-masing. Para Ketua RW dan RT dibantu oleh para pemuda membersihkan wilayah RW dan RT- nya masing-masing, juga memasang sejumlah ornamen dan publikasi.

Kegiatan Kampung Ramadhan sendiri dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, SE pada Senin 4 April mendatang. Acara pembukaan tersebut rencananya akan dilanjutkan dengan gunting pita Pasar Ramadhan dan Buka Bersama Wawali dengan warga Kelurahan Topo.

Menyinggung soal tema, Ibu Nurjanah menjelaskan bahwa tema tersebut sengaja dipilih oleh panitia sebagai upaya melesetarikan tradisi Ramadhan yang saat ini terasa mulai ditinggalkan. Ia juga berharap agar Kegiatan Kampung Ramadhan tahun ini menjadi momentum pemberdayaan untuk umat Islam khususnya di Kelurahan Topo.

BACA JUGA   Cerita Bisnis Pabrik Batu Bata di Ternate

Reporter : Aalbanjar
Editor : Redaksi