Kabar Baik! Penetapan Tidore sebagai KSPN Sudah Disiapkan

Tidore – Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim membahas penetapan Kota Tidore sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) bersama Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Sandiaga Uno di Cafe Nur Corner, Jakarta, Selasa (14/11) kemarin. Pasalnya, KSPN sebelumnya dijanjikan pada perhelatan Sail Tidore Tahun 2022 lalu.

Pada kesempatan itu, Ali Ibrahim meminta agar penetapan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) bisa ditindaklanjuti pada saat pelaksanaan Hari Nusantara 2023 nanti di Kota Tidore Kepulauan.

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan, KSPN sudah disiapkan. Dia lantas menyampaikan bahwa Kota Tidore Kepulauan merupakan salah satu Kota paling bersejarah yang hingga saat ini masih tetap dikenal oleh bangsa. Menurutnya ada banyak potensi wisata sejarah yang harus diangkat.

“KSPN sudah disiapkan, Kota Tidore ini mengangkat wisata sejarah, luar biasa potensinya bisa diangkat menjadi warisan sejarah, anak-anak gen Z hingga saat ini, masih tahu sejarah peradaban Islam di Tidore, juga ekspansi wilayah Kesultanan Tidore hingga ke Papua,” ungkap Sandiaga.

Dia pun menambahkan, pada pelaksanaan Hari Nusantara 2023 nanti, rencananya akan dilakukan kegiatan renang dari Pulau Maitara ke Rum.

“Akan ada kegiatan renang dari Maitara ke Rum, yang merupakan rangkaian Hari Nusantara Tahun 2023, dan diharapkan kedepan akan diadakan event triathlon di Pulau Tidore,” pungkas Sandi.

Turut hadir mendampingi Walikota dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yakub Husain, Kadis Pariwisata Daud Muhammad, Kadis Perhubungan Marsaid Idris dan Sekretaris Kominfo Iqbal Japono.

Reporter: MRS

BACA JUGA   Resmi Dilantik, Asril Bayan Pimpin HIPMI Tidore