Gelar Workshop, Lespermata Target Lahirkan 1000 Wirausahawan Muda

0
212

Tidore,-  Lembaga Studi Pengembangan Masyarakat Tambang (Lespermata) menggelar Workshop Kewirausahaan dengan tema “Bisnis UMKM Berbasis Digital Era 4.0.

Masifnya investasi sektor pertambangan di Maluku Utara seharusnya menjadi peluang bagi pelaku usaha lokal. Kehadiran investasi diharapkan dapat memberi manfaat positif bagi masyarakat sekitar. Masyarakat harus tahu apa yang akan dilakukan guna merespon kehadiran investasi sektor pertambangan tersebut.

Demikian yang disampaikan Masgul Abdullah dalam ceramahnya di Workshop Kewirausahaan yang digelar Lespermata di Aula SMK Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan. Kamis (6/10).

“Lespermata sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang bergerak di bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat Tambang. Merasa penting untuk melakukan Workshop Kewirausahaan bagi anak muda di Malut,” ujar Masgul, Direktur Lespermata.

Foto bersama narasumber dan peserta workshop kewirausahaan Lespermata

Masgul melanjutkan, workshop ini merupakan salah satu bagian dari program kerja Lespermata yaitu melahirkan 1000 calon Wirausahawan Muda dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa sebagai LSM yang fokus pada Masyarakat Lingkar Tambang, Lespermata bertekad mendampingi Masyarakat agar hak-hak nya tidak diabaikan oleh Perusahaan.

“Jangan sampai masyarakat di sekitar kegiatan perusahaan malah menjadi penonton,” terang Masgul.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan bekal dan motivasi kepada peserta, agar mau menjadi pelaku UMKM yang memanfaatkan platform digital, dan memahami akses permodalan. Endingnya,  mereka dapat ambil bagian dari investasi besar tersebut,” pungkas Masgul.

Hadir mewakili PT. Antam dalam  kegiatan ini, Asisten Manager PT. Antam Kantor Perwakilan Ternate, Suhardi Wali. Menurut Suhardi, pihaknya mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Lespermata.

Selaku BUMN, Antam tidak semata berfokus  pada produksi. Namun harus berupaya memberikan nilai tambah pada masyarakat, terutama untuk UMKM yang ada di sekitar wilayah Operasi Antam.

“Karena selain pelaku usaha sektor Mineral, sebagai BUMN Antam juga adalah pelaku pembangunan,” jelas Suhardi.

Menurut Suhardi, Kegiatan ini sejalan dengan Program CSR Antam, sehingga ke depan, PT Antam dan Lespermata akan selalu bersinergi untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.
Kegiatan workshop sendiri diikuti oleh 30 orang pemuda dan mahasiswa dan menghadirkan pemateri dari akademisi, pelaku UMKM dan perbankan.

Reporter : Aalbanjar
Editor : Redaksi