Gelar Tasyakuran, Boki Nita Kembali Lantik Perangkat Adat Kesultanan Ternate di Kadato Ici

Ternate – Boki Nita kembali lantik sejumlah perangkat adat Kesultanan Ternate di Kadato Ici Bula Ternate. Sabtu (13/1).

Agenda pelantikan para perangkat adat tersebut digelar bersamaan acara tasyakuran atas khitanan putra kembar Alm. Sultan Mudaffar Sjah, Tajul Mulk Putera Mudaffar Sjah dan Gajah Mada Putera Mudaffar Sjah atau Kolano Madoru.

Para perangkat adat yang dilantik tersebut antara lain; Ismail Nahumarury sebagai Jogugu, Said Dano Dasim sebagai Letnan Ngofa, Rachmat Bachtiar sebagai Sangaji Obi, Sugeng Cahyono sebagai Kapita Gam Ma Parada, Zulkarnain Taher sebagai Alfiris, Nyong Mandag sebagai Kapita Bubula Mari Aru Aru, Eko Saputro sebagai Dopolo Baru Baru Kaha Sigi, lima orang sebagai Ahi Besi, dan dua orang Soseba.

Boki Nita dan Kolano Madoru berpose bersama para pengisi acara

Dalam sambutannya pada pembukaan acara tasyakuran, Caleg DPR-RI Partai Amanat Nasional tersebut menyampaikan, bahwa ia kembali ke Ternate atas permintaan masyarakat adat. Nita mengaku semenjak kembali, ia memulai semuanya dari awal di Kadaton Ici Bula, sebagaimana dulu ia pertama kali dibawa oleh Sultan Mudaffar Sjah ke Kadaton Salero.

“Kembalinya saya ke Ternate kali ini persis sama seperti waktu pertama kali saya dibawa oleh Sultan Mudaffar Sjah ke Ternate, semuanya kita mulai dari nol,” ungkap Nita.

Nita juga mengajak pendukungnya untuk ikhlas menjalani apa yang terjadi di Kesultanan Ternate saat ini.

Tasyakuran kali ini juga dimeriahkan oleh penampilan tarian tradisional Ternate oleh sejumlah sanggar yang ada di Kota Ternate. Sementara itu turut dalam acara tasyakuran adalah sejumlah pejabat Forkompida Provinsi Maluku Utara, Kota ternate  dan Masyarakat adat Kesultanan Ternate.

Reporter: Yus