KOPIGORA Halmahera Timur Gelar Festival Pesona Transmigrasi Wasile 2023

Wasile – Komunitas Pecinta Gagasan Produktif dan Rasional (KOPIGORA) Kabupaten Halmahera Timur menggelar Festival Pesona Transmigrasi Wasile 2023.

Festival yang digelar guna memperingati 41 tahun penempatan transmigrasi Wasile, yang mengusung tema “Merajut Kebersamaan Melalui Pentas Seni dan Budaya,” tersebut dibuka oleh Bupati Halmahera Timur H. Ubaid Yakub, MPA pada Sabtu (23/12).

Bupati Halmahera Timur saat membuka Festival Pesona Transmigrasi Wasile 2023

Sekertaris Panita Festival sekaligus salah satu pendiri KOPIGORA, Ibrahim Umar, SKM kepada Sentranews.id menyampaikan bahwa Festival Pesona Transmigrasi Wasile digagas oleh KOPIGORA untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat Wasile sebagai kawasan transmigrasi yang berasal dari berbagai suku.

Menurut Ibrahim, Ide tentang festival tersebut sudah sejak lama menjadi pembahasan dalam setiap diskusi KOPIGORA dan baru terealisasi Desember 2023 ini.

Sesuai dengan tema yang diusung, Festival Pesona Transmigrasi Wasile sendiri menampilkan seni dan budaya tradisional dari masing-masing suku yang ada di kecamatan Wasile dan Wasile Timur.

Penampilan tarian adat Bali pada pembukaan festival

“Yang tampil dalam festival ini adalah kesenian berbagai suku yang ada di kawasan transmigrasi Wasile,” ujar Ibrahim.

“Para peserta kegiatan pun berasal dari putra-putri transmigran yang berada di dua kecamatan yaitu Wasile dan Wasile Timur,” terangnya.

Lebih lanjut Ibrahim berharap agar Festival Pesona Transmigrasi dapat dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda rutin pemerintah Kabupaten Halmahera Timur.

Reporter : MRS