Masuk Tahap Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Tidore Imbau ASN, TNI dan Polri Harus Jaga Netralitas

Tidore – Bawaslu Kota Tidore Kepulauan mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri di Kota Tidore untuk tetap menjaga netralitas pada pemilu 2024 mendatang.

Hal itu diejawantahkan melalui sosialisasi terkait Netralitas ASN, TNI dan Polri pada Pemilu serentak dengan yang tajuk “TORANG NETRAL”, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Kamis (30/11).

“Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri dilingkup Kota Tidore Kepulauan untuk tetap menjaga netralitasnya dalam momentum Pemilu 2024, terkhususnya pada tahapan kampanye yang dimulai dari tanggal 28 November 2023 kemarin hingga 10 Februari 2024,” Ujar Anggota Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Isman M. Natsir dalam sambutannya.

Untuk itu, Isman mengatakan sosialisasi netralitas ASN ini, adalah upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran netralitas ASN, TNI, maupun Polri dimasa kampanye hingga momentum Pemilu nanti.

Ia menambahkan, imbauan ini dilakukan mewujudkan pemilu yang demokratis, berintegritas dan jauh dari pengaruh keberpihakan pada kelompok dan golongan tertentu.

Ia juga menegaskan bahwa ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2023 tentang ASN. Dalam aturan tersebut, kata Isman, termaktub bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan atau pengurus partai politik serta tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Maka, tutur Isman, Netralitas sebagai prinsip dasar penyelenggara negara, harus dijunjung tinggi untuk memastikan Pemilu dapat berjalan secara demokratis dan bebas dari intervensi pihak manapun.

Untuk diketahui, kegiatan yang diikuti oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan ini, menghadirkan pembicara diataranya, Kasdim 1505/Tidore Mayor Inf. Kusaidi, Kasat Reserse Polresta Tidore Kepulauan A.K.P. Ryan Permana Putra, S.IK, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tidore Gama Palias, S.H. M.H, dan Rudy Ipaenin, S.STP. M.Hum, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kota Tidore Kepulauan serta Anggota Bawaslu Provinsi Maluku Utara Rusly Saraha, S.E. M.A.P.

Reporter: MRS